Puluhan Ribu Umat Islam Kepung Kedubes Myanmar di Jakarta

aksi-myanmarPuluhan ribu umat Islam di Ibu Kota Jakarta mengepung Kedubes Myanmar di Jalan KH Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu siang (06/09/2017). Mereka satu suara, mengutuk kebiadaban militer Myanmar dalam membantai umat Islam Rohingya. Massa juga menuntut agar praktik genosida terhadap Muslim Rohingya dihentikan.

Sebelum berjalan ke arah kantor Kedubes yang telah dibarikade oleh aparat kepolisian itu, massa yang mayoritas berbusana putih itu berkumpul di Bunderan Hotel Indonesia.

Kedatangan puluhan ribu massa itu mulai tersan usai pelaksanaan shalat Zuhur. Mereka berasal dari berbagai macam elemen ormas Islam seperti Front Pembela Islam (FPI), Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII),  Aliansi Ormas dan Umat Islam Jabodetabek, Presidium Alumni 212, Persatuan Umat Islam (PUI), Gerakan Pekerja Muslim Indonesia (GPMI), FORKABI, FBR, Perguruan Islam As-Syafiiyah, Dewan Kemakmuran Masjid  dan Majelis Taklim se-Jabodetabek.

Sebelumnya, untuk menjaga aksi besar umat Islam ini, ribuan personel gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat telah diturunkan sejak pagi hari.

“Ribuan personel kami turunkan untuk melakukan pengamanan aksi ini. Mulai dari tempat, jalan, dan sebagainya kami amankan. Jangan sampai kegiatan ini tidak berjalan dengan yang tidak inginkan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono di kawasan Kedubes Myanmar, Jakarta Pusat, Rabu, 6 September 2017, seperti dikutip Viva.co.id.

Pantauan di lapangan, di sepanjang Jalan Agus Salim, Jalan Yusuf Adiwijaya, dan Jalan Irian ditutup dengan pagar berduri. Saat ini massa FPI dan massa FBR sudah memadati kawasan Jalan Agus Salim dan kawasan Taman Menteng.

“Kita lihat jalan-jalan ditutup, kemudian akses masuk kedutaan kita alihkan. Masyarakat diharapkan mencari jalan lain. Lihat juga kawat berduri bagian teknis di lapangan,” ujarnya.

Kepolisian telah menjembatani antara pengunjuk rasa dengan pihak kedutaan. Nantinya perwakilan massa akan bertemu petinggi Kedubes Myanmar. “Kami fasilitas mediasi sampai ketemu duta ini, agar pesan ini bisa sampai langsung apa mau dari massa.”

 

Sumber : http://www.suara-islam.com

(Visited 55 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.