Inilah Kondisi Al-Quds Terkini, Usai Trump Resmi Akui Menjadi Ibukota Israel

PALESTINPresiden AS Donald Trump telah resmi mengakui Al-Quds sebagai ibukota Israel, dan menjadi presiden Amerika pertama yang melakukannya. Namun, alam semesta seakan tak meridhoi keputusan tersebut dengan diturunkan hujan badai di sekitar wilayah kota suci.

Dalam pidatonya di gedung pukul 1 siang waktu setempat, Trump mengatakan, inilah waktunya secara resmi mengakui Al-Quds sebagai ibukota Israel. Selain itu, ia juga mengumumkan akan memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Al-Quds, dan menyatakan bahwa Masjid Al-Aqsha dibangun di atas bukit Haikal milik Israel.

Dilansir dari english.palinfo.com, Trump pun berkata, “mendekati kesepakatan damai yang langgeng adalah kebodohan untuk mengasumsikan bahwa mengulangi formula yang sama persis akan mencapai sesuatu yang berbeda.” Dengan lantang ia ingin melihat konflik berdentang antara Palestina dan Israel, sebagai tindakan terbaik untuk kepentingan AS.

Pujian Netanyahu

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu memuji langkah yang diambil pemimpin AS tersebut, sebagai hal yang bersejarah. Ia pun berjanji akan terus menjalin hubungan bilateral dengan AS dan tidak akan merubah status quo di tempat-tempat suci Al-Quds.

Para Pemimpin Arab Mengutuk Langkah Trump

Langkah Trump disambut hangat oleh Israel, namun sebaliknya hal itu sangat dikutuk para pemimpin Arab. Seperti Raja Mohammed VI dari Maroko, Raja Abdullah II dari Yordania, dan Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi, serta pemimpin Arab lainnya. Bahkan Gerakan Islam Palestina Hamas mengatakan bahwa keputusan Trump akan membuka ‘gerbang neraka’.

Warga Muslim Palestina di Garda Terdepan

Warga Muslim Palestina mewakili umat Muslim dunia yang selalu berada di garda terdepan dalam membebaskan Al-Quds dan melindungi Masjid Al-Aqsha, terbukti dengan adanya berbagai aksi demontrasi yang dipenuhi teriakan yel-yel yang menyatakan bahwa kota suci Al-Quds selamanya ibukota Palestina. Meskipun hujan mengguyur hampir seluruh wilayah Palestina.

 

http://palestineupdate.com

(Visited 121 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.