Pelatihan Sphere Project

SPHEREDalam merespon bencana yang terjadi khususnya di Indonesia, LAZ Al-Hakim SUCOFINDO memiliki program yang berhubungan erat dengan kebencanaan ini yaitu AL-HAKIM PEDULI. Sejak berdirinya lembaga ini beberapa kasus bencana yang terjadi di beberapa daerah, LAZ Al-Hakim SUCOFINDO turut berpartisipasi dalam memberikan donasi dan bantuannya kepada mereka yang terkena dampak, dari bencana banjir di Banjarnegara, Garut dan NTB, kebakaran di Jakarta, tanah longsor di Sumedang dan sejumlah bencana lainnya yang terjadi.

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang kebencanaan ini, LAZ Al-Hakim SUCOFINDO mengikuti Pelatihan Sphere Project yang diinisiasi oleh PKPU National Humantarian Foundation yang diadakan selama dua hari (19 – 20 Juli 2017) di Hotel Bumi Wiyata, Depok, yang dihadiri oleh 15 lembaga kemanusiaan dan Lembaga Amil Zakat di Indonesia.

Dalam pelatihan Sphere Project ini dibahas tentang bagaimana merespon bencana yang terjadi agar lebih efektif dan tepat sasaran baik dalam bantuan logistik agar tidak overlapping dengan bentuk bantuan yang sama kepada penerima manfaat, serta hal-hal teknis laiinya yang terjadi di lapangan. Juga disampaikan bagaimana membuat standarisasi respon bencana yang terdiri dari : Prinsip Perlindungan, Pasokan Air, Sanitasi & Promosi Kebersihan, Ketahanan Pangan & Gizi, Hunian Permukiman & Bantuan Non Pangan serta Layanan Kesehatan.

Semoga kedepannya dari lembaga kemanusiaan dan lembaga zakat yang ada dapat berkoordinasi dalam program bantuan untuk korban bencana yang terjadi dengan mengikuti standar Sphere Project ini.

 

RSB-072017

(Visited 78 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.