8 Keutamaan Musyawarah Dalam Islam

MUSYAWARAHMusyawarah adalah kegiatan membahas sesuatu bersama, dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan atau keputusan atas penyelesaian masalah. Musyawarah adalah salah satu cara untuk mencapai demokrasi . Mengapa perlu diadakan demokrasi dan melakukan musyawarah? Demokrasi dan musyawarah perlu dilakukan dan diadakan guna untuk menghindari konflik karena adanya perbedaan pendapat, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun kehidupan rumah tangga dalam Islam.

Raasulullah SAW. sendiri pada semasa hidupnya juga selalu melakukan musyawarah untuk mencapai keputusan bersama, padahal kita tahu bahwa Rasulullah SAW. adalah manusia utusan pilihan Alah SWT. namun beliau tetap rendah hati dan mau menerima pendapat orang lain. Ada sebuah hadits yang mengatakan tentang kebiasaan Nabi Muhammad SAW. yang suka bermusyawarah, sebagai berikut :

“Saya tidak pernah melihat seseorang yang palilng banyak bermusyawarah dengan sahabatnya dibanding Rasulullah SAW.”

Dari hadits tersebut dapat kita ketahui, bahwa Rasulullah selalu melakukan musyawarah bersama sahabat-sahabatnya untuk mencapai mufakat. Kita sebagai umatnya harus senantiasa menjadikan Rasulullah sebagai teladan baik dalam perilaku, tutur kata, maupun akhlak dalam Islam.

Islam sebagai agama yang sempurna selalu memberikan manfaat dan keutamaan dalam setiap hal, termasuk musyawarah. Ada banyak terdapat keutamaan bagi orang yang melakukan musyawarah.

Keutamaan Musyawarah Menurut Islam

Dalam Islam, kegiatan musyawarah sangatlah dianjurkan, karena hal tersebut memberikan kebaikan bagi yang melakukannya. Dan bahkan ada beberapa firman Allah yang menganjurkan agar umat Islam melakukan musyawarah, yaitu :

Dalam (QS. Ali Imran ayat 159), Allah SWT. berfirman :

“Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.”

Maksud dari ayat tersebut adalah dalam menghadapi setiap masalah kita senantiasa harus berlaku lemah lembut dan tidak bersikap keras dan berhati kasar yang dapat menyakiti orang lain, karena seperti yang kita tahu hukum menyakiti orang lain dalam Islam adalah dosa dan tidak diperbolehkan. Pada ayat tersebut dapat kita ketahui bahwa sebaiknya dalam menyelesaikan setiap masalah kita harus mengutamakan untuk melakukan musyawarah.

Dan juga terdapat beberapa hadits yang membahas tentang musyawarah, diantaranya :

(HR. Ibnu Majah) : “Apabila salah seorang kamu meminta bermusyawarah dengan saudaranya, maka penuhilah”

(HR. Ath-Thabrani) : “Bermusyawarahlah kalian dengan para ahli (fikih) dan ahli ibadah, dan janganlah hanya mengandalkan otak saja”

Dan berikut ini adalah beberapa keutamaan bermusyawarah :

  1. Menyelesaikan masalah dengan keputusan yang kuat

Penyelesaian masalah yang dilakukan secara bersama-sama atau musyawarah hasilnya keputusannya akan lebih kuat dan matang dibandingkan dengan keputusan yang diambil sepihak, karena hasil tersebut adalah hasil bersama atau mufakat bersama.

  1. Tidak akan menimbulkan penyesalan

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda : “Tidak akan kecewa orang yang shalat istikharah dan tak akan menyesal orang yang melakukan musyawarah.

Mengapa orang yang melakukan musyawarah tidak akan menyesal? Karena kesepakatan yang mereka buat adalah keputusan berdasarkan pada pendapat masing-masing kepala dan keputusan yang diambil pun berdasarkan keputusan serta kesepakatan bersama.

  1. Melatih menyuarakan pendapat

Dalam bermusyawarah setiap orang berhak untuk mengeluarkan pendapat, ide atau gagasan mereka. Dan ide atau gagasan itulah yang dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat keputusan dan kesepakatan.

  1. Menyelesaikan masalah secara adil

Bermusyawarah artinya menyelesaikan masalah secara adil. Dapat dikatakan adil karena apapun hasil keputusannya berdasarkan kesepakatan bersama yang telah disetujui oleh setiap pihak, dan setiap orang juga berhak menyumbangkan idea tau pendapat mereka dalam penyelesaian masalah tersebut.

  1. Menyatukan perbedaan

Setiap orang pasti memiliki perbedaan, termasuk dalam berpendapat. Dan didalam bermusyawarah pastinya terdapat beberapa perbedaan pendapat diantara orang yang melakukan musyawarah. Dan dalam menyelesaikan perbedaan tersebut biasanya pendapat-pendapat tersebut akan ditampung terlebih dahulu lalu dipertimbangkan manakah yang nantinya akan menghasilkan keputusan paling baik bagi seluruh pihak dan itulah yang akan dipilih, namun tentunya sesuai kesepakatan bersama dan berdasarkan pada kebaikan serta kepentingan bagi bersama.

  1. Menghindari konflik

Melakukan musyawarah sama halnya dengan menghindari konflik. Apabila kita memutuskan suatu masalah yang melibatkan orang lain selain diri sendiri maka hal tersebut dapat memicu terjadinya konflik, karena orang lain dapat merasa dirugikan atas keputusan yang dibuat sendiri tersebut, atau orang lain yang terlibat akan merasa tidak dihargai.

  1. Mempererat tali sialturahmi

Seperti yang kita ketahui, hukum silaturahmi menurut Islam adalah wajib dan terdapat banyak keutamaan menyambung tali silaturahmi. dan salah satu cara untuk mempererat tali silaturahmi dapat melalui bermusyawarah. Ketika bermusyawarah kita bertemu dengan banyak orang dan sekaligus bersilaturahmi dengan mereka.

  1. Membuat keputusan yang benar

Tujuan musyawarah adalah untuk mencapai mufakat bersama dan menghasilkan suatu keputusan. Dengan melakukan musyawarah, kita akan membuat keputusan yang benar, karena keputusan tersebut dihasilkan berdasarkan kepentingan semua pihak dan kesepakatan bersama.

Dari beberapa keutamaan diatas dapat kita ketahui bahwa hakikat manusia menurut Islam adalah sebagai makhluk sosial yang tidak mampu hidup sendiri dan saling membutuhkan. Dan musyawarah merupakan bentuk atau wujud kesadaran akan hakikat kita sebagai makhluk sosial. Dan sebagai muslim yang baik, alangkah baiknya jika kita melakukan apa yang telah dianjurkan oleh Allah SWT. dan sjuga senantiasa berpedoman pada sumber syariat Islam dan dasar hukum Islam dalam melakukan segala sesuatu.

Sumber : https://dalamislam.com

(Visited 297 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.