Abdul Jalil: Memupuk Jiwa Kepemimpinan dan Entrepreneur

UISalah satu penerima manfaat dari beasiswa Dhuafa Berprestasi dari LAZ Al-Hakim SUCOFINDO adalah Abdul Jalil, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia angkatan 2014. Pria asal Madura ini juga merupakan peserta dari institusi pembinaan calon pemimpin masa depan, Rumah Kepemimpinan.
Jalil, sapaan akrabnya, merupakan mahasiswa yang memiliki passion yang tinggi di dunia entrepreneur. Semenjak mahasiswa baru dia terbiasa untuk menjual berbagai macam barang. Saat inipun dia sedang berjualan emas sebagai bisnis yang dia jalankan.
Dengan passion entrepreneurnya, Jalil menjadi salah satu pemenang kompetisi Innovaction UI yang diadakan oleh Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) UI. Dalam kompetisi tersebut Jalil mengajukan inovasi bisnis berupa alat pengatur irigasi sawah yang secara otomatis menggunakan photodiode sebagai sensor ketinggian airnya yang di proses pada arduino mega 2560. Alat ini akan membantu para petani dalam melakukan pengairan sawahnya secara otomatis.
Selain itu, Jalil juga melatih jiwa kepedulian dan kepemimpinannya melalui organisasi di kampus. Saat ini Jalil diamanahkan sebagai Wakil Kepala Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa BEM UI. Dalam amanah ini Jalil dituntut untuk membantu seluruh mahasiswa di UI yang bermasalah terkait dengan biaya kuliah, beasiswa, pendanaan penelitian, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan kondisi kesejahteraan mahasiswa.
Dengan ini Jalil membiasakan diri untuk menjadi pemimpin yang melayani. Menurutnya, sosok pemimpin yang melayani merupakan sosok pemimpin ideal karena sejatinya menjadi pemimpin berarti membagi perhatian bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain.
Semoga
RSB 0817
(Visited 78 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.