Tentang Kami

Lembaga Amil Zakat Al-Hakim lahir dari sebuah tekad untuk turut serta dalam meringankan beban sosial ekonomi masyarakat.

Seiring dengan berdirinya Masjid Al-Hakim PT. Sucofindo (Persero) disertai dengan terbentuknya kepengurusan Majelis Ta’lim yang diketuai oleh H. Djamaluddin Fatah pada tahun 2000, aktifitas penerimaan dan penyaluran zakat, infaq dan shadaqoh mulai dilakukan.

Dalam era kepengurusan tersebut, muncul ide dari beberapa pihak, terutama dukungan dari bapak  H. Susilo Haryanto yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Divisi Keuangan dan Akuntansi, untuk merintis pengelolaan zakat yang lebih profesional, bahkan mulai dilakukan juga studi banding untuk mendirikan Baitul Maal Wattamwil. Hal ini sangatlah kondusif karena pada saat itu pula tengah dibangun gedung untuk menjalankan kegiatan tersebut yang berlokasi di sebelah Masjid Al-Hakim.

Barulah pada sekitar tahun 2001, pada saat kepengurusan Majelis Ta’lim periode selanjutnya yang di ketuai oleh H. Nevizond Chatab dibentuklah Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqoh (LAZ) Al-Hakim di bawah koordinasiH. M. Iqbal Akbar,  dengan dibantu secara operasional oleh Bp. Ariady Arsal.

Dengan penghimpunan zakat, infaq dan shadaqah yang semula sekitar Rp. 7 juta, kini Alhamdulillah Lembaga Amil Zakat Al-Hakim telah mampu menghimpun dana rata-rata per bulan sekitar Rp. 150 juta dan telah berusaha menjaga amanah ini dengan menyalurkan dana tersebut dalam bentuk dana bantuan pendidikan kepada sekitar 465 anak yatim piatu dan dhu’afa, bantuan sosial & ekonomi, program rutin kesehatan gratis setiap bulan di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, dan dalam penanggulangan bencana  telah menyalurkan dana bantuan ke Nangroe Aceh Darussalam, Yogyakarta dan Pangandaran serta daerah lainnnya, bahkan bantuan rutin peduli rakyat Palestina, yang dilalukan melalui kerjasama dengan lembaga lain.

Semoga keberadaan Lembaga Amil Zakat Al-Hakim Sucofindo  dapat memberikan kontribusi dalam meringankan beban sosial ekonomi umat. Perjalanan masih panjang dan takkan pernah berakhir. Semoga Allah SWT meridho’i ikhtiar ini sebagai amal sholeh. Amin.

 

(Visited 637 times, 1 visits today)

Visi dan Misi

VISI Menjadi lembaga transformasi mustahiq menjadi muzakki MISI Optimalisasi pendistribusian zakat dengan kualitas pengelolaan ZIS secara profesional (Visited 350 times, 1 visits today)

Struktur Organisasi

(Visited 963 times, 1 visits today)

Pelaksana Harian LAZ Al-Hakim

(Visited 675 times, 2 visits today)

Urgensi Program ZIS

> Bagi Perusahaan : Membangun Corporate Image PT. SUCOFINDO (Persero), Fungsi Sosial BUMN & Keberkahan > Bagi Pegawai : Membersihkan Jiwa dan Harta, Memudahkan Penyaluran dan  Komunikasi serta Keberkahan > Bagi Masyarakat : Meningkatkan harkat dan martabat serta mencerdaskan kaum dhu’afa (Visited 320 times, 1 visits today)

Prinsip Pendayagunaan

PENGUMPULAN       Dasar Hukum : At Taubah ayat 34,34,60 dan 103, Al Baqarah ayat 245 & 261, dan  Hadits-hadist Nabi.       Prinsip : Ikhlas, Sesuai Syariat,  Sesuai Kemampuan.       Mekanisme : Perusahaan memfasilitasi pemungutan zakat pegawai melalui payroll bulanan dan self assessment.   PRINSIP PENDAYAGUNAAN AMANAH PROFESIONAL TRANSPARAN   …